Minhatul Mughits - (1) Bab Muqaddimah

Minhatul Mughits - Bab Muqaddimah (Pendahuluan)

Terjemah Kitab Minhatul Mughits Bahasa Indonesia, Bab Muqoddimah (Pendahuluan).

Dengan menyebut nama Allah Yang Maha Pengasih Lagi Maha Penyayang,

Segala puji hanya bagi Allah yang telah mendatangkan (kecukupan) pada orang yang mau menyandarkan urusan kepada-Nya, mengangkat derajat orang yang mau menetapkan harapan pada anugerah-Nya, dan pada orang yang memutus bahwa semua kebaikan ada di sisi-Nya.

Semoga rahmat ta'dhim dan kesejahteraan tercurahkan kepada Baginda kita, Nabi Muhammad, yaitu manusia paling utama yang datang dengan membaca sebaik-baik hadits dan sebenar-benar perkataan.

Juga kepada keluarga dan sahabat Beliau yang suci, yaitu orang-orang yang sah (kuat) keteguhan hati dan baik niatnya, sehingga mereka tidak lemah untuk menegakkan syiar-syiar agama.

Adapun sesudah itu - maka kitab ini adalah sebuah ringkasan dari kitab-kitab orang-orang yang arif dan ringkasan dari perkataan para imam yang terdahulu. Saya mendatangkan (mengemukakan) di dalamnya dengan sebaik-baik kata, saya mengemukakan melalui kitab ini degan pendekatan di dalam ilmu musthalah hadits. Kitab ini merupakan karya yang mulia, meskipun tersusun di dalam jalan pendahuluan-pendahuluan.

Saya telah memberinya nama dengan nama "Minhatul Mughits - Fi Ilmi Musthalahil Hadits", sebagai harapan kepada Allah Yang Maha Luhur agar mendapatkan pertolongan dan petunjuk ke jalan yang paling lurus.

Sungguh saya telah benar-benar mengatakan kepada orang yang menuntut ilmu, yang mana # mencari petunjuk dan bermaksud menuju ke jalan yang benar

Wahai orang yang membaca (mempelajari) ilmu hadits dirayah # jika kamu bermaksud untuk berpikir bebas, maka nikmatilah (tekunilah) kitabku

Karena ringkasan ini telah mengandung banyak faedah # yang mana faedah itu tidak terkandung di dalam lembaran (kitab) yang panjang kalimatnya

Ia (kitab ini) mendatangi rumah-rumah bermacam-macam ilmu dari pintu-pintunya # Dan memetik sebaik-baik inti sari dari tujuannya

Dan (memetik) pada makna-makna yang telah diisyratkannya, lalu makna-makna itu telah menjadi # perjalanan tanpa lubang bagi akal (kemudahan).

MUQADDIMAH (PENDAHULUAN)
Ilmu hadits terbagi menjadi 2 bagian :
Pertama, Ilmu Hadits Dirayah (Ilmu Musthalah Hadits)
Kedua, Ilmu Hadits Riwayah

Tiap-tiap dari kedua ilmu itu memiliki dasar-dasar yang selayaknya diketahui dan diliputi (dipelajari), agar orang yang mempelajari keduanya berada pada pandangan yang sempurna (lebih mudah paham). Dan hendaklah kita mempelajarinya, lalu kami berkata : [bersambung pada bab selanjutnya].

Baca lebih lengkap : Terjemah Kitab Minhatul Mughits Bahasa Indonesia.