Terjemah Kitab Hujjah Ahlus Sunnah Wal Jamaah Bahasa Indonesia

Terjemah Kitab Hujjah Ahlus Sunnah Wal Jamaah Bahasa Indonesia

Bismillahir rohmanir rohim,

Dengan menyebut nama Allah SWT, Tuhan semesta alam, dan segala puji hanya milik-Nya semata, yang mana Dia tiada henti-hentinya memberikan rohmat-Nya kepada makhluk-Nya, sedetikpun rohmat itu tak berhenti, sehingga pada saat ini kita masih bisa merasakan aliran nafas kehidupan.

Sholawat dan kesejahteraan semoga senantiasa tercurahkan kepada Sang Terpilih, Nabi Muhammad SAW, penutup dari para nabi dan para rosul. Beliaulah orang yang kita harapkan syafaatnya kelak pada hari pembalasan.

Selanjutnya, atas rohmat Allah SWT, maka di sini saya berniat untuk menerjemah sebuah kitab dalam haluan Ahlus Sunnah Wal Jamaah, sebagai salah satu kita pegangan para Nahdliyyin, yaitu Kitab Hujjah Ahlus Sunnah Wal Jamaah (Landasan Ahlus Sunnah Wal Jama’ah), yang ditulis oleh KH. Ali Maksum, Pondok Pesantren Kerapyak - Yogyakarta. Namun kemudian, ada beberapa penambahan oleh KH. Ahmad Subki Masyhudi atas izin KH. Ali Maksum sendiri, sesuai yang tertulis dalam halaman pembuka kitab ini.

Sedikit harapan saya, semoga terjemahan ini mampu memberikan manfaat, khususnya bagi penerjemah sendiri dan umumnya bagi para pembaca. Dan semoga Allah SWT senantiasa melimpahkan rohmat-Nya kepada kita semua dan senantiasa menetapkan hati kita tetap pada jalan-Nya, jalan yang dilewati oleh para nabi, para rosul, para wali, para ulama’, para kyai, dan jalan dengan haluan Ahlus Sunnah Wal Jamaah.

TERJEMAH KITAB HUJJAH AHLUS SUNNAH WAL JAMAAH

Adapun terjemahan Kitab Hujjah Ahlus Sunnah Wal Jamaah saya rangkum sedikit demi sedikit dalam setiap bab sesuai dengan persoalan-persoalan dalam kitab tersebut, sebagai mana berikut ini :

Muqoddimah (Pendahuluan)

Persoalan Ke-1, Kebolehan Memberikan Pahala Shodaqoh dan Bacaan Al-Qur’an Kepada Mayyit dan  Sampainya Pahala Bacaan Al-Qur’an dan Amal-Amal Kebaikan Kepada Mayyit

Persoalan Ke-2, Apakah Sholat Jum’at Memiliki Sunnah Qobliyyah atau Tidak ?

Persoalan Ke-3, Talqin Kepada Mayyit

Persoalan Ke-4, Sholat Tarawih

Persoalan Ke-5, Penetapan 2 Bulan, Yaitu Bulan Ramadhan dan Bulan Syawal

Persoalan Ke-6, Apakah Boleh Berziarah Kubur ?

Persoalan Ke-7, Apakah di Dalam Kubur Terdapat Kenikmatan dan Siksa ?

Persoalan Ke-8, Berziarah Kepada Rosulullah SAW dan Beratnya Perjalanan Kepadanya

Penjelasan Tentang Tawassul


DOWNLOAD KITAB HUJJAH AHLUS SUNNAH WAL JAMAAH GRATIS

Adapun untuk file kitab Hujjah Ahlus Sunnah Wal Jama'ah karya Al-Maghfurlah KH. Ali Maksum, maka sudah saya siapkan dalam format PDF, namun kitab di bawah hanya berupa tulisan bahasa arabnya saja, karena terjemah Bahasa Indonesianya bisa dilihat pada blog ini. Begitu juga, dalam file PDF itu sudah saya cantumkan link terjemah bahasa Indonesia di blog ini, terima kasih,

Download Kitab Hujjah Ahlus Sunnah Wal Jama'ah (PDF)