Terjemah Kitab Taisirul Khollaq Bahasa Indonesia Lengkap

Terjemah Kitab Taisirul Khollaq Bahasa Indonesia Lengkap

Bismillahir rohmani rohim,

Segala puja dan puji hanya bagi Allah SWT, Tuhan yang menguasai segalanya. Dialah Dzat yang memberikan kita semua rahmat dan nikmat, sehingga sampai detik ini kita masih mampu melaksanakan banyaknya aktivitas.

Shalawat serta salam mudah-mudahan senantiasa terlimpahkan kepada sebaik-baik makhluk-Nya, Nabi Muhammad SAW, karena lantaran Beliaulah kita semua merasakan indahnya syiar-syiar agama islam.

Ketiga kalinya, di sini saya selaku hmaba yang hina tanpa daya, yang berharap rahmat-Nya, ingin menuliskan sebuah terjemah Bahasa Indonesia dari sebuah kitab kecil yang biasa dikaji di beberapa pondok pesantren, yaitu Kitab Taisirul Khollaq.


Riview Singkat Tentang Kitab Taisirul Khollaq

Kitab Taisirul Kholaq merupakan kitab kecil yang sudah biasa diajarkan di beberapa pondok pesantren, bahkan saya sendiri sudah pernah beberapa kali mengaji kitab ini dari guru-guru yang berbeda.

Kitab ini ditulis oleh seorang ulama' ahli sejarah dan ahli geografi kelahiran Baghdad, Iraq, yaitu Syekh Hafidz Hasan Al-Mas'udi, dengan nama lengkap Abul Hasan Ali ibnul Husain ibn Ali Al-Mas'udi (283H/895m - 345H/956M). Beliau adalah salah seorang ulama' yang ahli dalam bidang geografis dan sejarah, yang merupakan keturunan Sahabat Abdullah bin Mas'ud.

Kitab ini diberikan nama "Taisirul Khollaq" yang mana isi dalam kitab ini lebih memuat pada pengajaran mengenai akhlaq dan adab dalam berhubungan dengan sesama makhluk maupun berhubungan dengan Tuhan, di antarnya adalah adab-adab kepada guru, murid, kedua orangtua kerabat, sampai adab-adab dalam bersosial lainnya.


Terjemah Kitab Taisirul Khollaq Bahasa Indonesia

Dengan mengharapkan secercah rahmat dari Allah SWT, maka pada posting ini, saya akan memulai terjemah Bahasa Indonesia yang mana akan saya kelompokkan ke dalam link-link berdasarkan beberapa bab di dalamnya.

Semoga terjemah ini memberikan manfaat kepada semua pembaca yang haus dalam pembelajaran, terlebih lagi bermanfaat kepada penulis sendiri secara khusus. Dengan niat yang tidak sempurna ini, mudah-mudahan Allah SWT melimpahkan rahmat dan ampunannya kepada kita semua.

1Bab Muqaddimah dan Bab Taqwa
2Bab Adab Guru dan Bab Adab Murid
3Bab Hak-Hak Kedua Orangtua dan Bab Hak-Hak Kerabat
4Bab Hak-Hak Tetangga, Bab Adab Mu'asyarah (Pergaulan), dan Bab Ulfah (Persatuan)
5Bab Akho' (Persaudaraan) dan Bab Adab Majlis
6Bab Adab Makan, Bab Adab Minum, dan Bab Adab Tidur
7Bab Adab di Masjid dan Bab Kebersihan
8Bab Jujur dan Dusta dan Bab Amanah
9Bab Iffah (Memelihara Diri) dan Bab Muru'ah (Karisma)
10Bab Hilm, Bab Sakho', Bab Tawadlu', dan Bab Izzatun Nafs
11Bab Khilqdu (Dendam) dan Bab Hasad (Dengki)
12Bab Ghibah (Menggunjing), Bab Namimah (Adu Domba), dan Bab Kibru (Sombong)
13Bab Ghurur, Bab Dzalim, Bab Adil, dan Penutup


Download Kitab Taisirul Khollaq

Adapun Kitab Taisirul Khollaq bisa didownload pada link di bawah ini dengan format PDF dan disertai dengan makna pesantren :

DOWNLOAD KITAB TAISIRUL KHOLLAQ (Makna Pesantren, format PDF)

Baca juga : Kumpulan Terjemah Kitab Kuning Bahasa Indonesia.

Demikian, wallahu a'lam bis showab.