Terjemah Kitab Minhatul Mughits Bahasa Indonesia

Terjemah Kitab Minhatul Mughits Bahasa Indonesia

Bismillahir rahmanir rahim,

Segala puji bagi Allah yang Maha Memberi lagi Maha Mengampuni, yang tiada hentinya memberikan rahmat dan nikmat-Nya kepada hamba-hamba-Nya sehingga pada saat ini pula kita masih bisa bernafas dan tetap dalam keadaan sehat untuk bisa melakukan berbagai aktivitas.

Sholawat ta'dhim dan kesejahteraan semoga senantiasa terlimpahkan kepada rosul pilihan, yaitu Nabi Muhammad SAW, beserta segenap sahabat, keluarga, istri-istri, dan keturunan Beliau di manapun berada.

Selanjutnya, pada posting yang sederhana ini, saya akan mencoba untuk menuliskan tentang terjemah sebuah kitab yang juga dikaji di beberapa pondok pesantren, meskipun jarang ditemui, yaitu Kitab Minhatul Mughits yang ditulis oleh Hafidz Hasan Al-Mas'udi.


Riview Singkat Tengang Kitab Minhatul Mughits

Kitab Minhatul Mughits merupakan kitab kecil yang disusun oleh seorang ulama' ahli sejarah dan ahli geografi kelahiran Baghdad, Iraq, yaitu Syekh Hafidz Hasan Al-Mas'udi, dengan nama lengkap Abul Hasan Ali ibnul Husain ibn Ali Al-Mas'udi (283H/895m - 345H/956M). Beliau adalah salah seorang ulama' Mesir yang juga ahli di bidang geografis dan sejarah. Beliau merupakan keturunan Sahabat Abdullah bin Mas'ud.

Kitab Minjatul Mugits ini berisikan tentang dasar-dasar dalam Ilmu Hadits Dirayah atau Ilmu Musthalah Hadits, disusun secara ringkas dari sumber kitab-kitab besar mengenai pembahasan ilmu hadits karya para ulama'.

Jadi, kitab ini sangatlah cocok bagi orang yang ingin mempelajari tentang dasar-dasar Ilmu Hadits Dirayah atau Ilmu Musthalah Hadits, karena di dalamnya berisi tentang pengertian dan definisis tentang macam-macam pembagian hadits, misalnya hadits shahih, hadits hasan, hadits dhaif, hadist mutawattir, hadits marfu', hadits munqathi', hadits munkar, hadits maudhu' (palsu), metode penerimaan hadits, dan lain sebagainya.

Dan di antara beberapa macam hadits dari kitab ini sudah diulaskan juga beserta contohnya, namun sebagian di antaranya tidak disertai contoh. Untuk itulah, saya sudah memberikan link situs lain di bawah yang di dalamnya cukup lengkap dengan disertai contoh-contohnya.


Terjemah Kitab Minhatul Mughits Bahasa Indonesia

Adapun mengenai terjemah Kitab Minhatul Mughits Bahasa Indonesia, maka sudah saya rangkum dalam beberapa link berdasarkan beberapa bab di dalamnya.

Semoga tulisan sederhana ini mampu memberikan cukup hikmah dan manfaat bagi umum dalam mempelajari tentang dasar-dasar ilmu hadits, khususnya bagi penulis sendiri :

(1) Muqaddimah

(2) Bab Dasar-Dasar Ilmu Hadits Dirayah - Bab Dasar-Dasar Ilmu Hadits Riwayah

(3) Bab Penjelasan Tentang Lafadz-Lafadz Yang Berkecimpung Di Antara Ulama' Ahli Hadits

(4) Bab Taqsim (Pembagian) - Bab Shahih Lidzatihi

(5) Bab Hadits Hasan Lidzatihi - Bab Hadits Shahih Lighairihi - Bab Hadits Hasan Lighairihi

(6) Bab Tanbihat (Pengingatan) - Bab Hadits Dhaif

(7) Bab Hadits Mutawatir - Bab Hadits Masyhur

(8) Bab Hadits Aziz - Bab Hadits Gharib

(9) Hadits Musnad, Hadits Marfu', Hadits Mauquf, Hadits Maqthu', dan Hadits Muttashil

(10) Hadits Mu'an'an dan Hadits Mu'annan, Hadits Aly dan Hadits Nazil

(11) Hadits Musalsal

(12) Hadits Mudabbaj, Riwayat Aqran, Riwayat Akabir Anil Ashaghir, Riwayat Ashaghir Anil Akabir

(13) Hadits Muttafiq dan Hadits Muftariq, Hadits Mu'talif dan Hadits Mukhtalif, Hadits Mutasyabbihat, Hadits Mubham

(14) Hadits Muallaq, Hadits Mursal

(15) Hadits Mudallas, Hadits Munqathi', Hadits Mu'dhal, Hadits Mudhtharib, Hadits Mu'allal, Hadits Syadz dan Hadits Munkar

(16) Hadits Maqlub, Hadits Mudarraj, Hadits Matruk

(17) Hadits Maudlu', Hadits Muhmal, Hadits Al-Mazid Fi Muttashilil Asanid

(18) Hadits Mushahhaf, Hadits Muharraf, Hadits Ma'ruf dan Hadits Mahfudz

(19) Hadits Mutabi' dan Syahid, Hadits Sabiq dan Lahiq, I'tibar, Nasikh dan Mansukh Hadits

(20) Khotimah (Penutup)

(21) Meriwayatkan Hadits Dengan Makna, Adab Guru dan Murid

Catatan :

Lebih jelas mengenai contoh-contoh masing-masing hadits bisa dilihat pada link berikut ini : Kumpulan Materi Ilmu Hadits.


Download Kitab Minhatul Mughits

Adapun kitab ini bisa didownload secara gratis, namun file yang telah disiapkan di sini hanya berbentuk PDF, dengan tulisan arab gundul, tanpa makna. Silahkan klik pada link di bawah ini untuk mendownload Kitab Minhatul Mughits :

DOWNLOAD KITAB MINHATUL MUGHITS (PDF)

Wallahu a'lam bis showab.