Nadhom Imrithi - (4) Bab Fi'il-Fi'il, Bab I'robnya Fi'il

 Nadhom Imrithi - (4) Bab Fi'il-Fi'il, Bab I'robnya Fi'il-Fi'il

Terjemah Kitab Nadhom Imrithi Bahasa Indonesia, Bab Fi'il-Fi'il, Bab I'robnya Fi'il-Fi'il


بَابُ الْاَفْعَالِ

Bab Tentang Fi'il-Fi'il

اَفْعَالُهُمْ ثَلاَثَةٌ فِى الْوَاقِــعِ # مَاضٍى وَفِعْلُ الْاَمْرِ وَالْمُضِارِعِ

Fi'il-fi'il menurut ulama' ahli nahwu ada tiga dalam kenyataannya # Yaitu fi'il madli, fi'il amar, dan fi'il mudhorek

فَالْمَاضِى مَفْتُوْحُ الْاَخِيْرِ اِنْ قُطِعْ # عَنْ مُضْمَرٍ مُحَرَّكٍ بِهِ رُفِعْ

Fi'il madli difathah huruf akhirnya, jika terputus # Dari dlomir makhal rofa' mutaharrik

فَاِنْ اَتٰى مَعْ ذَا الضَّمِيْرِ سُكِّنَا # وَضَمُّهُ مَعْ وَاوِ جَمْعٍ عُيِّنَا

Jika fi'il madli datang bersamaan dengan dlomir rofa' mutaharrik maka harus disukun # Dan didlommah bersama wawu jama' yang tertentu

وَالْاَمْرُ مَبْنِيٌّ عَلَى السُّكُوْنِ # أَوْ حَذْفِ حَرْفِ عِلَّةٍ اَوْ نُوْنِ

Fi'il amar itu mabni pada sukun # Atau membuang huruf illat atau membuang nun

وَافْتَتَحُوْا مُضَارِعًا بِوَاحِدِ # مِنَ الْحُرُوْفِ الْاَرْبَعِ الزَّوَائِدِ

Ulama' ahli nahwu mengawali fi'il mudhorek dengan salah satu # Dari huruf-huruf empat tambahan (huruf mudhoro'ah)

هَمْزٌ وَنُوْنٌ وَكَذَا يَاءٌ وَتَا # يَجْمَعُهَا قَوْلِى اَنَيْتُ يَا فَتَى

(Huruf mudhoro'ah) yaitu hamzah, nun, ya', dan demikian pula ta' # Yang terkumpulkan dalam perkataanku اَنَيْتُ wahai pemuda

وَحَيْثُ كَانَتْ فِى رُبَاعِيٍّ تُضَمْ # وَفَتْحُهَا فِيْمَا سِوَاهُ مُلْتَزَمْ

Sekiranya fi'il mudhorek itu dari bina' ruba'i maka didhommah huruf mudhoro'ahnya # Dan difathah huruf mudhoro'ahnya di dalam bina' selain ruba'i secara tetap


بَابُ اِعْرَابِ الْفِعْلِ

Bab I'robnya Fi'il

رَفْعُ الْمُضَارِعِ الَّذِيْ تَجَرَّدَا # عَنْ نَاصِبٍ وَجَازِمٍ تَأَبَّدَا

Rofaknya fi'il mudhorek yang tersepikan # Dari amil nashob dan amil jazem selamanya

فَانْصِبْ بِعَشْرٍ وَهْىَ اَنْ وَلَنْ وَكَىْ # كَذَا اِذَنْ اِنْ صُدِّرَتْ وَلَامُ كَىْ

Maka nashobkan fi'il mudhorek dengan sepuluh amil, yaitu اَنْ (bahwa/untuk), لَنْ (tidak akan/tidak pernah), dan كَىْ (agar/supaya) # Demikian pula اِذَنْ (kalau begitu) dan lamnya kai (..لِ / agar/supaya) bila yang keluar

وَلَامُ جُحْدٍ وَكَذَا حَتَّى وَاَوْ # وَالْوَاوُ وَالْفَا فِيْ جَوَابٍ قَدْ عَنَوْا

Lam juhud (..لِ / agar/supaya, biasanya didahului huruf nafi), demikian pula حَتَّى (dengan makna كَيْ/agar atau اِلَى/sampai) dan اَوْ (dengan makna اِلَّا/kecuali atau اِلَى/sampai atau ta'lil) # wawu (وَ dengan makna مَعَ/bersama), fa' jawab (..فَ/maka) yang telah dimaksudkan oleh ulama ahli nahwu

بِهِ جَوَابًا بَعْدَ نَفْيٍ اَوْ طَلَبْ # كَلاَ تَرُمْ عِلْمًا وَتَتْرُكَ التَّعَبْ

Sebagai jawaban setelah huruf nafi atau tholab # Seperti لَا تَرُمْ عِلْمًا وَتَتْرُكَ التَّعَبْ (jangan membuang ilmu bersamaan dengan meninggalkan kesusahannya)

وَجَزْمُهُ بِلَمْ وَلَمَّا قَدْ وَجَبْ # وَلَا وَلَامٍ دَلَّتَا عَلَى الطَّلَبْ

Jazemnya fi'il mudhorek dengan لَمْ (tidak) لَمَّا (belum) hukumnya wajib # لَا (jangan) dan lam (..لِ / hendaklah) yang keduanya menunjukkan pada tholab

كَذَاكَ اِنْ وَمَا وَمَنْ وَاِذْ مَا # أَيٌّ مَتَى أَيَّانَ اَيْنَ مَهْمَا

Demikian pula اِنْ (jika) مَا (sesuatu, ma syarthiyah) مَنْ (barang siapa. man syarthiyyah) اِذْ مَا (karena sesuatu yang) # أَيُّ (apa saja) مَتَى (kapanpun) أَيَّانَ (kapan saja) اَيْنَ (di mana/ke mana) مَهْمَا (apa saja)

وَحَيْثُمَا وَكَيْفَمَا وَاَنَّى # كَاِنْ يَقُمْ زَيْدٌ وَعَمْرٌ قُمْنَا

حَيْثُمَا (kemana pun/di mana pun) كَيْفَمَا (bagaimana pun) اَنَّى (di mana pun) # Seperti اِنْ يَقُمْ زَيْدٌ وَعَمْرٌ قُمْنَا (jika Zaid dan Umar berdiri, maka kami berdiri)

وَاجْزِمْ بِاِنْ وَمَا بِهَا قَدْ اُلْحِقَا # فِعْلَيْنِ لَفْظًا اَوْ مَحَلًّا مُطْلَقَا

Jazemkanlah dengan اِنْ dan lafadz-lafadz yang mengikuti # (Jazemkan) dua fi'il baik lafdzi maupun makhal secara mutlaq

وَلْيَقْتَرِنْ بِالْفَا جَوَابٌ لَوْ وَقَعْ # بَعْدَ الْاَدَاةِ مَوْضِعَ الشَّرْطِ امْتَنَعْ

Dan hendaklah menggandengkan jawab dengan fa' jika jawab itu terjatuh # Setelah alatnya di tempat huruf syarat, maka fa' itu dicegah