Terjemah Kitab Lubabul Hadist Bahasa Indoensia, Bab Ke-4 Keutamaan Sholawat Nabi

Terjemah Kitab Lubabul Hadist Bahasa Indoensia

Bab Keempat, Menerangkan Tentang Keutamaan Membaca Sholawat Nabi SAW

Nabi Muhammad SAW bersabda :
مَنْ صَلَّى عَلَيَّ وَاحِدَةً صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ عَشْرًا
“Barang siapa membaca sholawat kepadaku sekali, maka Allah memberikan rohmat kepadanya sepuluh”.

Nabi Muhammad SAW bersabda :
مَنْ صَلَّى عَلَيَّ اَلْفَ مَرَّةٍ لَمْ يَمُتْ حَتَّى يُبَشَّرُ لَهُ بِالْجَنَّةِ
“Barang siapa membaca sholawat kepadaku sebanyak 1000 kali, maka dia tidak akan mati sehingga dikabarkan berita gembira baginya dengan surga”.

Nabi Muhammad SAW bersabda :
مَنْ صَلَّى عَلَيَّ وَاحِدَةً صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ بِهَا عَشْرًا، مَنْ صَلَّى عَلَيَّ عَشْرًا صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ بِهَا مِائَةً، مَنْ صَلَّى عَلَيَّ مِائَةً صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ بِهَا اَلْفًا، مَنْ صَلَّى عَلَيَّ اَلْفًا لَمْ تَمَسَّهُ النَّارُ
“Barang siapa membaca sholawat kepadaku sekali, maka Allah memberikan rohmat kepadanya sebanyak 10 karenanya (bacaan sholawat satu kali). Barang siapa membaca sholawat kepadaku 10 kali, maka Allah memberikan rohmat kepadanya sebanyak 100 karenanya (bacaan sholawat 10 kali). Barang siapa membaca sholawat kepadaku 100 kali, maka Allah memberikan rohmat kepadanya sebanyak 1000 karenanya (bacaan sholawat itu). Dan barang siapa membaca sholawat kepadaku 1000 kali, maka neraka tidak akan bisa menyentuhnya ”.

Nabi Muhammad SAW bersabda :
مَنْ نَسِيَ الصَّلَاةَ عَلَيَّ فَقَدْ اَخْطَأَ طَرِيْقَ الْجَنَّةِ
“Barang siapa melupakan sholawat kepadaku, maka dia benar-benar telah menyalahi jalan surga”.

Nabi Muhammad SAW bersabda :
اِنَّ اَوْلَى النَّاسِ بِيْ يَوْمَ الْقِيَامَةِ اَكْثَرُهُمْ عَلَيَّ صَلَاةً
“Sesungguhnya manusia yang paling utama atas aku (yang paling dekat dan paling berhak mendapatkan syafa’at) di hari kiamat adalah mereka yang paling banyak membaca sholawat kepadaku”.

Nabi Muhammad SAW bersabda :
صَلَاتُكُمْ عَلَيَّ مَحَّاقَةٌ
“Bacaan sholawatmu kepadaku adalah penglebur dosa (bagimu)”

Nabi Muhammad SAW bersabda :
مَنْ صَلَّى عَلَيَّ فِى كُلِّ جُمْعَةٍ اَرْبَعِيْنَ مَرَّةً مَحَا اللهُ ذُنُوْبَهُ كُلَّهَا
“Barang siapa yang membaca sholawat kepadaku di setiap hari Jum’at sebanyak 40 kali, maka Allah akan menghapus dosa-dosanya, semuanya”

Nabi Muhammad SAW bersabda :
مَا مِنْ دُعَاءٍ اِلَّا بَيْنَهُ وَبَيْنَ السَّمَاءِ حِجَابٌ حَتَّى يُصَلِّىَ عَلَيَّ فَاِذَا صَلَّى عَلَيَّ اِنْخَرَقَ ذَلِكَ الْحِجَابُ وَرُفِعَ الدُّعَاءُ
“Tidaklah sebuah doa kecuali antara doa itu dan langit terdapat sebuah penghalang, sehingga dia (orang yang berdoa) membaca sholawat kepadaku. Kemudian tatkala dia (orang yang berdoa) membaca sholawat kepadaku, maka terbakarlah penghalang tersebut dan diangkatlah doa itu”.

Nabi Muhammad SAW bersabda :
مَنْ صَلَّى عَلَيَّ فِيْ يَوْمٍ مِائَةَ مَرَّةٍ قَضَى اللهُ لَهُ مِائَةَ حَاجَةٍ سَبْعِيْنَ مِنْهَا لِاٰخِرَتِهِ وَثَلَاثِيْنَ مِنْهَا لَدُنْيَاهُ
“Barang siapa membaca sholawat kepadaku dalam sehari 100 kali, maka Allah akan mendatangkan baginya 100 hajat, 70 dari hajat itu untuk akhiratnya, dan 30 dari hajat itu untuk dunianya”.

Nabi Muhammad SAW bersabda :
مَنْ صَلَّى عَلَيَّ صَلَاةً وَاحِدَةً صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَمَلَائِكَتُهُ عِشْرِيْنَ مَرَّةً وَلَمْ يَمُتْ حَتَّى يُبَشَّرُ بِالْجَنَّةِ
“Barang siapa membaca sholawat kepadaku dengan bacaan sholawat sekali, maka Allah dan malaikat-Nya akan memberikan rohmat kepadanya 20 kali, dan dia tidak akan mati sehingga dikabarkan berita gembira dengan surga”.

Baca juga kumpulan bab dari terjemah bahasa Indonesia Kitab Lubabul Hadist : Terjemah Kitab Lubabul Hadist Bahasa Indonesia.