Daqoiqul Akhbar - Bab 40, Penjelasan Macam-Macam Siksa Berdasarkan Kadar Amal Umat

Daqoiqul Akhbar - Bab 40, Penjelasan Macam-Macam Siksa Berdasarkan Kadar Amal Umat

Nabi SAW bersabda, akan selamat dari neraka golongan umatku setelah 1.060 tahun, yaitu kaum yang gemuk dagingnya tetapi kurus agamanya, mengenakan pakaian tetapi telanjang dari taat. Orang-orang alim mengetahui hanya secara dhahir kehidupan dunia sedangkan mereka melupakan akhirat, maksudnya mereka tidak mengetahui.


Mereka adalah golongan yang ahli pergi ke pasar-pasar dan mementingkan hawa nafsu. Mereka bekerja demi mendapatkan harta apapun yang mereka inginkan. Allah Yang Maha Luhur tidak peduli dari pintu mana mereka akan memasuki neraka.


Allah Yang Maha Luhur berkata, "Wahai Musa, jika kamu tahu orang-orang yang merusak janji dan amanat, mereka diseret di atas wajahnya ke dalam neraka. Tatkala mereka dilempar ke dalam neraka Jahannam, maka jadilah setiap anggota tubuh ada di dalam satu tempat, setiap urat ada di dalam satu tempat, dan hati mereka ada di dalam satu tempat".


Allah berkata, "Celakalah bagi orang yang merusak janji dan amanat, kamu melihatnya disalib di atas pohon Zaqqum. Api neraka masuk dari duburnya dan keluar dari mulut, kedua telinga, dan kedua matanya".


Allah Yang Maha Luhur berkata, "Wahai Musa, jika kamu melihat orang yang merusak janji dan amanat, maka syetan telah membarenginya di dalam rantai-rantai dan belenggu-belenggu yang terikat di lisannya. Air mata mengalir dari kedua lubang hidungnya, dia tidak akan pernah tidur sekedip matapun, dia tidak akan menemui istirahat (nyaman) sekedip matapun, sampai orang kafir mencari (menginginkan) aman dengan kematian dari siksaan. Demikian pula, orang yang merusak janji, dia mencari (menginginkan) aman dengan kematian. Demikian pula, orang yang zina, pemakan riba, dan orang yang meninggalkan sholat, mereka disiksa di dalam neraka selama berabad-abad".


Allah Yang Maha Luhur berkata, "Wahai Musa, jika air samudera adalah tinta, pohon-pohon adalah penanya, jin dan manusia adalah bukunya, maka pasti pena-pena itu habis, jin dan manusia binasa, semua air samudera habis karena dihitunglah jumlah abad neraka Jahannam". Dan demikian itu adalah Firman Allah Yang Maha Luhur :


لَابِثِيْنَ فِيْهَا أَحْقَابًا، لَا يَذُوْقُوْنَ فِيْهَا بَرْدًا وَلَا شَرَابًا، إِلَّا حَمِيْمًا وَغَسَّاقًا، جَزَاءً وِفَاقًا

"Mereka tinggal di dalamnya berabad-abad lamanya. Mereka tidak merasakan kesejukan di dalamnya dan tidak (pula mendapat) minuman. Selain air yang mendidih dan nanah. Sebagai pambalasan yang setimpal" (An-Naba : 23-26).


Nabi SAW bertanya kepada Malaikat Jibril, "Apa itu huqub ?"

Malaikat Jibril menjawab, "4.000 tahun".

Nabi SAW bertanya, "Setahun berapa bulan ?"

Malaikat Jibril menjawab, "4.000 bulan"

Nabi SAW bertanya, "Sebulan berapa hari ?"

Malaikat Jibril menjawab, "4.000 hari".

Nabi SAW bertanya, "Sehari berapa jam ?"

Malaikat Jibril menjawab, "70.000 jam, setiap jam sama seperti setahun dari tahun-tahun dunia".


Diriwayatkan dari Sahabat Abu Hurairah ra berkata, Rasulullah SAW bersabda, tatkala hari kiamat, keluarlah sesuatu dari api neraka, namanya adalah harisy yang terlahir dari kalajengking. Kepalanya ada di langit ke tujuh dan ekornya ada di bawah bumi paling bawah. 


Lalu dia menyeru sebanyak 70 kali, "Di mana orang yang menantang Dzat Yang Maha Pengasih ? Di mana orang yang memusuhi Dzat Yang Maha Pengasih ?". 


Malaikat Jibril as bertanya, "Apa yang kamu inginkan Harisy ?".


Dia menjawab, "Aku menginginkan 5 orang, di mana orang yang meninggalkan sholat, di mana orang yang mencegah zakat, di mana orang yang meminum khamr, di mana orang yang memakan riba, dan di mana orang yang membicarakan pembicaraan dunia di dalam masjid".


Lalu dia mengumpulkan mereka di dalam mulutnya dan kembali dengan membawa mereka ke dalam neraka Jahannam. Kami berlindung kepada Allah dari celaka.


Wallahu a'lam bis showab

Kunjungi lebih lengkap : Terjemah Kitab Daqoiqul Akhbar Bahasa Indonesia.