Nadhom Imrithi - (9) Bab Hal, Bab Tamyiz, Bab Istisna'

Nadhom Imrithi - (9) Bab Hal, Bab Tamyiz, Bab Istisna'

Terjemah Kitab Nadhom Imrithi Bahasa Indonesia, Bab Hal, Bab Tamyiz, Bab Istisna'


بَابُ الْحَالِ

Bab Hal

اَلْحَالُ وَصْفٌ ذُو انْتِصَابٍ آتِى # مُفَسِّرًا لِمُبْهَمِ الْـهَيْئَاتِ

Hal adalah isim sifat yang dibaca nashob yang datang # Menjelaskan keadaan-keadaan yang samar (belum jelas)

وَاِنَّمَا يُؤْتَى بِهِ مُنَكَّرَا # وَغَالِبًا يُؤْتَى بِهِ مُؤَخَّرَا

Hal didatangkan berupa isim nakiroh # Dan umumnya didatangkan di akhir

كَجَاءَ زَيْدٌ رَاكِبًا مَلْفُوْفَا # وَقَدْ ضَرَبْتُ عَبْدَهُ مَكْـتُوْفَا

Seperti جَاءَ زَيْدٌ رَاكِبًا مَلْفُوْفًا (Zaid datang dalam keadaan mengendarai lagi berselimut) # قَدْ ضَرَبْتُ عَبْدَهُ مَكْـتُوْفًا (aku telah memukul budaknya dalam keadaan terikat)

وَقَدْ يَجِيْئُ فِى الْكَلاَمِ اَوَّلَا # وَقَدْ يَجِيْئُ جَامِدًا مُؤَوَّلَا

Hal kadang-kadang datang di awal kalimat # Dan kadang-kadang datang berupa isim jamid yang dita'wil (dari isim musytaq)

وَصَاحِبُ الْحَالِ الَّذِيْ تَكَرَّرَا # مُعَرَّفٌ وَقَدْ يَجِى مُنَكَّرَا

Shahibul hal (isim yang dijelaskan keadaannya dengan hal) yang telah ditetapkan # Ialah berupa isim makrifat, dan kadang-kadang shahibul hal datang berupa isim nakiroh


بَابُ التَّمْيِيْزِ

Bab Tamyiz

تَعْرِيْفُهُ اسْمٌ ذُوْ انْتِصَابٍ فَسَّرَا # لِنِسْبَةٍ اَوْ ذَاتِ جِنْسٍ قُدِّرَا

Pengertiannnya adalah isim yang dibaca nashob yang menjelaskan # Nisbat dan dzat suatu jenis yang keduanya dikira-kirakan

كَانْصَبَّ زَيْدٌ عَرَقًا وَقَدْ عَلَا # قَدْرًا وَلٰكِنْ اَنْتَ اَعْلَى مَنْزِلَا

Seperti اِنْصَبَّ زَيْدٌ عَرَقًا (Zaid bercucuran keringat) قَدْ عَلَا قَدْرًا وَلٰكِنْ اَنْتَ اَعْلَى مَنْزِلًا (dia tinggi derajatnya tetapi kamu lebih tinggi derajatnya).

وَكَاشْتَرَيْتُ اَرْبَعًا نِعَـاجَا # اَوِ اشْتَرَيْتُ اَلْفَ رِطْلٍ سَاجَا

Seperti اِشْتَرَيْتُ اَرْبَعًا نِعَـاجًا اَوِ اشْتَرَيْتُ اَلْفَ رِطْلٍ سَاجًا (Aku membeli 4 ekor kambing atau aku membeli 1.000 pon kayu jati)

اَوْ بِعْتُهُ مَكِيْلَةً اَرُزَّا # اَوْ قَدْرَ بَاعٍ اَوْ ذِرَاعٍ خَزَّا

اَوْ بِعْتُهُ مَكِيْلَةً اَرُزًّا اَوْ قَدْرَ بَاعٍ اَوْ ذِرَاعٍ خَزًّا (atau aku menjual kepadanya satu takar beras, atau kira-kira satu depa atau satu hasta sutera)

وَوَاجِبُ التَّمْيِيْزِ اَنْ يُنَكَّرَا # وَاَنْ يَكُوْنَ مُطْلَقًا مُؤَخَّرَا

Tamyiz wajib berupa isim nakiroh # Dan secara mutlaq berada di akhir


بَابُ الْاِسْتِثْنَاءِ

Bab Istitsna'

اَخْرِجْ بِهِ مِنَ الْكَلَامِ مَا خَـرَجْ # مِنْ حُكْمِهِ وَكَانَ فِى اللَّفْظِ انْدَرَجْ

Keluarkanlah dengan istisna' dari kalam yang dikecualikan # Dari hukumnya dan itu termasuk di dalam lafadznya

وَلَفْظُ الْاِسْتِثْنَا الَّذِيْ لَهُ حَوَى # اِلَّا وَغَيْرُ وَسِوًى سُوًى سَوَا

Lafadz istisna' terkumpul # Adalah سُوًى, سِوًى, غَيْرُ, اِلَّا dan سَوًا

خَلَا عَدَا حَاشَا فَمَعْ اِلَّا انْصِبِ # مَا اُخْرِجَتْ مِنْ ذِى تَمَامٍ مُوْجَبِ

حَاشَا, عَدَا, خَلَا, maka nashobkanlah dengan اِلَّا # Isim yang dikecualikan (mustasna) dari golongan kalam tam dan kalam mujab

Catatan :

Tam = jika disebutkan mustasna minhu, sedangkan mujab = jika tidak didahului oleh lafadz nafi atau yang menyerupainya.

كَقَامَ كُلُّ الْقَوْمِ اِلَّا وَاحِدَا # وَقَدْ رَاَيْتُ الْقَوْمَ اِلَّا خَالِدَا

Seperti قَامَ كُلُّ الْقَوْمِ اِلَّا وَاحِدًا (semua kaum berdiri kecuali satu orang) # قَدْ رَاَيْتُ الْقَوْمَ اِلَّا خَالِدًا (aku telah melihat kaum kecuali Kholid)

وَاِنْ يَكُنْ مِنْ ذِيْ تَمَامٍ انْتَفَى # فَاَبْدِلَنْ وَالنَّصْبُ فِيْهِ ضُعِّفَا

Bila mustasna dari kalam tam adalah berupa nafi # Maka badalkanlah, nashob di dalamnya (dengan istisna') hukumnya lemah

هَذَا اِذَا اسْتَثْنَيْتَهُ مِنْ جِنْسِهِ # وَمَا سِوَاهُ حُكْمُهُ بِعَكْسِهِ

Ini adalah ketika kamu memustasnakannya dari sejenisnya (istisna' muttashil) # Sedangkan istisna' lainnya (istisna' munqathi'), maka hukumnya adalah sebaliknya

كَلَنْ يَقُوْمَ الْقَوْمُ اِلَّا جَعْفَرُ # وَالنَّصْبُ فِيْ اِلَّا بَعِيْرًا اَكْثَرُ

Seperti لَنْ يَقُوْمَ الْقَوْمُ اِلَّا جَعْفَرُ (tidaklah kaum berdiri kecuali Ja'far - istisna' muttashil) # Sedangkan nashob di dalam lafadz اِلَّا بَعِيْرًا (kecuali unta - istisna' munqathi') itu lebih banyak

وَاِنْ يَكُنْ مِنْ نَاقِصٍ فَاِلَّا # قَدْ اُلْغِيَتْ وَالْعَامِلُ اسْتَقَلَّا

Bila mustasna dari golongan kalam naqis, maka اِلَّا # Harus diilghohkan (tidak mengamalkan dengan nashob) dan amilnya sedikit mengamalkan

كَلَمْ يَقُمْ اِلَّا اَبُوْكَ اَوَّلَا # وَلَا اَرَى اِلَّا اَخَاكَ مُقْبِلَا

Seperti لَمْ يَقُمْ اِلَّا اَبُوْكَ اَوَّلًا (tidaklah berdiri kecuali ayahmu pada awalnya) # وَلَا اَرَى اِلَّا اَخَاكَ مُقْبِلًا (aku tidak melihat kecuali saudaramu yang datang)

وَخَفْضُ مُسْتَثْنًى عَلَى الْاِطْلَاقِ # يَجُوْزُ بَعْدَ سَبْعَةِ الْبَوَاقِى

Jernya mustasna secara mutlak # Diperbolehkan setelah tujuh huruf istisna' (selain اِلَّا)

وَالنَّصْبُ اَيْضًا جَائِزٌ لِمَنْ يَشَا # بِمَا خَلَا وَمَا عَدَا وَمَا حَشَا

Menashobkan juga diperbolehkan bagi orang yang menginginkan # dengan lafadz مَا حَشَا, مَا عَدَا, مَا خَلَا