Qowa'idul I'lal - Bab Muqoddimah (Pendahuluan)

Qowa'idul I'lal - Bab Muqoddimah (Pendahuluan)

Terjemah Kitab Qowa'idul I'lal Bahasa Indonesia, Bab Muqoddimah (Pendahuluan).

PENJELASAN TENTANG BINA'
Secara ringkas, bina' itu ada 7 macam, perinciannya terurutkan seperti di bawah ini dengan menggunakan nyanyian lagu "rajaz" yaitu :
صَحِيْحٌ اَوْ مِثَالٌ اَوْ مُضَاعَفُ # لَفِيْفٌ نَاقِصٌ مَهْمُوْزٌ اَجْوَفُ
"Yaitu bina' shahih, bina' mitsal, atau bina' mudha'af # bina' naqish, bina' mahmuz, bin' ajwaf".

BINA' SHAHIH
Bina' Shahih ada 2 macam, adakalanya "ثُلَاثِىْTsulatsi" dan adakalanya "رُبَاعِىRuba'i".

Bina' Shahih Tsulatsi yaitu apapun kalimat yang fa' fi'ilnya, ain fi'ilnya, dan lam fi'ilnya bukan hamzah dan bukan huruf ilat (أ، و، ي), serta huruf ain fi'ilnya bukan tunggal jenis dengan huruf lam fi'ilnya, seperti lafadz "نَصَرَ".

Bina' Shahih Ruba'i yaitu apapun kalimat yang  huruf fa' fi'ilnya tidak tunggal jenis dengan huruf lam fi'il yang pertama, seperti lafadz "دَخْرَجَ" [huruf dal tidak sejenis dengan huruf ra'].

BINA' MITSAL
Bina' Mitsal ada 2 macam, adakalanya "مِثَالْ وَاوِىْ - Mitsal Wawi" dan adakalanya "مِثَالْ يَائِىْ - Mitsal Ya'i".

Jika fa' fi'ilnya itu huruf wawu maka dinamakan mitsal wawi, seperti lafadz "وَعَدَ". Tetapi, jika fa' fi'ilnya itu huruf ya' maka dinamakan mitsal ya'i, seperti lafadz "يَسَرَ".

BINA' MUDHA'AF
Bina' Mudha'af itu juga ada 2 macam, adakalanya "ثُلَاثِىْ - Tsulatsi" dan adakalanya "رُبَاعِى - Ruba'i".

Bina' Mudha'af Tsulatsi yaitu apapun kalimat yang huruf ain fi'ilnya tunggal jenis dengan huruf lam fi'il, seperti lafadz "مَدَّ" asalnya lafadz "مَدَدَ".

Bina' Mudha'af Ruba'i yaitu apapun kalimat yang huruf fa' fi'ilnya tunggal jenis dengan lam fi'il yang pertama seperti tha' dan tha', begitu juga huruf ain fi'ilnya tunggal jenis dengan huruf lam fi'ilnya yang kedua seperti hamzah dan hamzah. Contohnya seperti lafadz "طَأْطَأَ".

BINA' LAFIF
Bina' Lafif juga ada 2 macam, adakalanya "لَفِيفْ مَفْرُوقْ - Lafif Mafruq" dan adakalanya "لَفِيفْ مَقْرُونْ - Lafif Maqrun".

Lafif Mafruq yaitu apapun kalimat yang fa' fi'ilnya dan lam fi'ilnya adalah huruf ilat (أ، و، ي), seperti lafadz "وَقٰى".

Lafif Maqrun yaitu apapun kalimat yang ain fi'il dan lam fi'ilnya juga berupa huruf ilat (أ، و، ي), seperti lafadz "شَوٰى".

BINA' NAQISH
Bina' Naqish juga ada 2 macam, adakalanya "نَاقِصْ وَاوِى - Naqish Wawi" dan adakalanya "نَاقِصْ يَائِيْ - Naqish Ya'i".

Jika lam fi'ilnya itu adalah huruf wawu maka dinamakan Naqish Wawi, seperti lafadz "غَزَى" asalnya "غَزَوَ". Jika lam fi'ilnya itu adalah huruf ya' maka dinamakan Naqish Ya'i, seperti lafadz "سَرَى" asalnya "سَرَيَ".

BINA' MAHMUZ
Bina' Mahmuz yaitu apapun kalimat yang fa' fi'ilnya, atau ain fi'ilnya, atau lam fi'ilnya berupa huruf hamzah.

Bina' Mahmuz ada 3 macam : Jika hamzah tadi bertempat pada fa' fi'il, maka dinamakan Mahmuz Fa', seperti lafadz "اَدَمَ". Jika bertempat pada ain fi;il, maka dinamakan Mahmuz Ain, seperti lafadz "سَأَلَ". Jika bertempat pada lam fi'il, maka dinamakan Mahmuz Lam, seperti lafadz "قَرَأَ".

BINA' AJWAF
Bina' Ajwaf ada 2 macam, adakalanya "اَجْوَفْ وَاوِى - Ajwaf Wawi" dan adakalanya "اَجْوَفْ يَائِىْ - Ajwaf Ya'i"

Apapun kalimat yang ain fi'ilnya berupa huruf wawu, maka dinamakan Ajwaf Wawi, seperti lafadz "صَانَ" asalnya "صَوَنَ". Jika ain fi'ilnya tadi berupa huruf ya', maka dinamakan Ajwaf Ya'i, seperti lafadz "سَارَ" asalnya "سَيَرَ".

___________________________

Bina' tujuh macam tadi, jika kamu hitung, maka perincihannya akan ketemu menjadi 15 macam. Perhitungannya seperti di bawah ini :


Setiap kalimat itu pasti tidak hanya memiliki satu bina', tetapi terkadang ada yang memiliki dua bina', seperti :
  • lafadz "رَأَى" yaitu bina'nya Mahmuz Ain dan Naqish Ya'i, 
  • lafadz "فَاءَ" yaitu bina' Ajwaf Ya'i dan Mahmuz Lam, 
  • lafadz "وَاَدَ" yaitu bina' Mitsal Wawi dan Mahmuz Ain.
Sedangkan bina'nya kalimat Ruba'i Mujarrad dan Ruba'i Mulhaq itu hanya Shahih atau Mudha'af.

[Tanbin - Pengingatan] Mungkin di dalam kitab-kitab sharaf terdapati kalimat Mu'tal, maka yang dimaksud Kalimat Mu'tal yaitu apapun kalimat yang fa' fi'ilnya, atau ain fi'ilnya, atau lam fi'ilnya adalah huruf ilat (أ، و، ي).

Jadi, kalimat yang Bina' Mitsal, Bina' Naqish, Bina' Lafif, atau Bina' Ajwaf, semuanya bisa dinamakan kalimat Mu'tal. Nisbat Bina' Mitsal dinamakan Mu'tal Fa', Bina' Ajwaf dinamakan Mu'tal Ain, Bina' Naqish dinamakan Mu'tal Lam, Bina' Lafif dinamakan Mu'tal Fa' dan Lam atau Mu'tal Ain dan Lam.

___________________________

Keterangan tentang bina'-bina' di atas tadi bisa dijadikan ringkasan seperti pada daftar di bawah ini :

Daftar Bina' Ruba'i

Daftar Bina' Tsulatsi

Wallahu a'lam bis showab,

Baca lebih lanjut : Terjemah Kitab Qowa'idul I'lal Bahasa Indonesia.