Terjemah Kitab Qowa'idul I'lal Bahasa Indonesia

Bismillahir rohmanir rohim,

Assalamu'alaikum Wr, Wb,

Segala puja dan puji syukur kehadirat Allah SWT yang tiada hentinya melimpahkan rahmat dan nikmat-Nya kepada semua hamba-hamba-Nya di dunia, tanpa tersisa satupun.

Shalawat serta salam semoga senantiasa tercurahkan kepada junjungan kita, nabi besar, Nabi Muhammad SAW, karena perantara Beliaulah kita semua masih terselamatkan dengan diberikan nikmat iman dan nikmat islam.

Selanjutnya, pada momen yang mudah-mudahan penuh berkah ini, saya akan membagikan sebuah posting mengenai terjemah kitab "Qowa'idul I'lal" dalam bahasa Indonesia, yang insya'allah akan saya rangkum dalam beberapa link-link di bawah berdasarkan babnya.


REVIEW SINGKAT KITAB QOWA'IDUL I'LAL

Kitab Qowa'idul I'lal merupakan sebuah ringkasan ilmu sharaf yang bisa dikaji di dalam pembelajaran pondok-pondok pesantren sebagai dasaran untuk menguasai ilmu alat agar mampu membaca kitab kuning tentunya.

Kitab Qowa'idul I'lal memaparkan secara ringkas tentang dasaran ilmu sharaf. Selain itu, kitab ini lebih ditekankan pada menelaah tentang bentuk kalimat asli bahasa arab, misalnya lafadz "قَالَ" bentuk aslinya adalah "قَوَلَ" yang mengikuti wazan "فَعَلَ", dan lain sebagainya.

Karena bahasa arab sendiri bisa dibilang bahasa yang cukup rumit dalam mempelajarinya, maka untuk menelaah bentuk asli dalam kitab ini tentu saja dibagi menjadi 19 kaidah, yang akan diterjemahkan nanti.


PENYUSUN KITAB QOWA'IDUL I'LAL

Kitab Qowa'idul I'lal ini ditulis dan disusun oleh Kyai Mundzir Nadzir dari Dusun Sekaran, Desa Keludan, Kecamatan Ngronggot, Kabupaten Nganjuk. Namun menurut beberapa referensi lainnya dijelaskan bahwa nama "Mundzir Nadzir" merupakan nama pena, bukan nama asli, sehingga nama ini pun sangat jarang diulas di dalam referensi-referensi.

Selain Kitab Qowaidul I’lal, ada lagi Kitab Nadzam Tanwirul Qari dengan bahasa jawa yang menjelaskan ilmu tajwid. Sebagian pondok pesantren menerapkannya dalam pelajaran ilmu tajwid di tingkat menengah sebelum mempelajari kitab tajwid selanjutnya yaitu Al-Jazariyyah yang ditulis oleh Ibnul Jazari.

Nah, dalam Kitab Nadzam Tanwirul Qari inilah dimuat tentang nama asli Kyai Mundzir Nadzir, yaitu Kyai Munhamir. Disebutkan pula nama asli beliau adalah Ibnu Mundzir. Ayah beliau bernama Haji Muhammad Nadzir.


TERJEMAH KITAB QOWAIDUL I'LAL BAHASA INDONESIA

Dengan penuh harapan akan limpahan rahmat dan maghfirah dari Allah SWT, maka pada detik inilah penulis blog akan memulai untuk menerjemah Kitab Qowa'idul I'lal, yang akan saya sempurnakan hingga khatam :

1Bab Muqoddimah (Pendahuluan)
2Kaidah 1 dan Kaidah 2
3Kaidah 3 dan Kaidah 4
4Kaidah 5 dan Kaidah 6
5Kaidah 7 dan Kaidah 8
6Kaidah 9 dan Kaidah 10
7Kaidah 11 dan Kaidah 12
8Kaidah 13 dan Kaidah 14
9Kaidah 15 dan Kaidah 16
10Kaidah 17 dan Kaidah 18
11Kaidah 19


DOWNLOAD KITAB QOWA'IDUL I'LAL

Adapun untuk file mentah kitab ini, maka sudah saya sediakan pada link download di bawah. Jadi, silahkan download secara gratis dan semoga memberi kemanfaatan bagi kita semua.

Download Kitab Qowa'idul I'lal (PDF)

Baca juga : Kumpulan Terjemah Kitab Kuning Bahasa Indonesia.

Demikian terjemah Kitab Qowaidul I'lal, semoga bermanfaat, wallahu a'lam bis showab.