Nadhom Imrithi - (2) Bab I'rob, Bab Tanda I'rob (Rofa'), Bab Tanda I'rob Nashob, Bab Tanda I'rob Jer, dan Bab Tanda I'rob Jazem


 

Terjemah Kitab Nadhom Imrithi Bahasa Indonesia, Bab I'rob, Bab Tanda I'rob (Rofak), Bab Tanda I'rob Nashob, Bab Tanda I'rob Jer, dan Bab Tanda I'rob Jazem.


بَابُ الْاِعْرَابِ

Bab I'rob

اِعْرَابُهُمْ تَغْيِيْرُ اٰخِرِ اْلـكَلِمْ # تَقْدِيْرًا اَوْلَفْظًا لِعَامِلٍ عُلِمْ

I'rob menurut ulama' ahli nahwu adalah berubahnya huruf akhir kalimat # Karena (masuknya) amil yang diketahui, baik secara kira-kira atau lafadznya

اَقْسَامُهُ اَرْبَعَةٌ فَالْتُعْتَبَرْ # رَفْعٌ وَنَصْبٌ وَكَذَا جَزْمٌ وَجَرْ

Pembagian i'rob ada 4 macam, maka hendaklah kamu mengambil pembelajaran # Yaitu rofak dan nashob, demikian itu pula jazem dan jer

وَالْكُلُّ غَيْرَ الْجَزْمِ فِى اْلاَسْمَا يَقَعْ # وَكُلُّهَا فِى الْفِعْلِ وَالْخَفْضُ امْتَنَعْ

Setiap masing-masing i'rob, selain i'rob jazem, jatuh di dalam kalimat isim # Dan setiap 4 i'rob itu jatuh di dalam kalimat fi'il, sedangkan i'rob jer tercegah (i'rob jer tidak jatuh di dalam kalimat fi'il)

وَسَائِرُ الْاَسْمَاءِ حَيْثُ لَاشِبَهْ # قَرَّبَهَا مِنَ الْحُرُوْفِ مُعْرَبَةْ

Semua isim-isim yang sekiranya tidak serupa # Yang mana kalimat huruf mendekatinya, maka disebut mu'rob

وَغَيْرُ ذِى الْاَسْمَاءِ مَبْنِيٌّ خَلَا # مُضَارِعٍ مِنْ كُلِّ نُوْنٍ قَدْ خَلَا

Dan yang bukan kalimat isim (yaitu kalimat fi'il) disebut mabni, selain # Fi'il mudhorek yang telah tersepikan dari setiap nun.


بَابُ عَلَامَاتِ الْاِعْرَابِ

Bab Tanda-Tanda I'rob (Rofa')

لِلرَّفْعِ مِنْهَا ضَمَّةٌ وَاوٌ اَلِفْ # كَذَاكَ نُوْنٌ ثَابِتٌ لاَمُنْحَذِفْ

Tanda-tanda i'rob rofa' adalah dhommah, wawu, alif # Demikian juga nun yang tetap yang tidak terbuang

فَالضَّمُّ فِى اسْمٍ مُفْرَدٍ كَأَحْمَدُ # وَجَمْعِ تَكْسَيْرٍ كَجَاءَ اْلاَعْبُدُ

Dhommah bertempat di isim mufrod, seperti kalimat أَحْمَدُ # Dan jamak taksir, seperti جَاءَ اْلاَعْبُدُ (telah datang para hamba)

وَجَمْعِ تَأْنِيْثٍ كَمُسْلِمَاتِ # وَكُلِّ فِعْلٍ مُعْرَبٍ كَيَأْتِى

Dan jamak mu'annas salim seperti kalimat مُسْلِمَاتٌ # Dan setiap fi'il (mudhorek) yang mu'rob seperti kalimat يَأْتِى (datang)

وَاْلوَاوُ فِيْ جَمْعِ الذُّكُوْرِ السَّالِمِ # كَالصَّالِحُوْنَ هُمْ اُولُو اْلمَكَارِمِ

Wawu bertempat di jamak mudzakkar salim # Seperti الصَّالِحُوْنَ هُمْ اُولُو اْلمَكَارِمِ (orang-orang sholeh, mereka adalah orang yang memiliki kemuliaan)

كَما اَتـَتْ فِى الْخَمْسَةِ اْلاَسْمَاءِ # وَهِىَ الَّتِيْ تَأْتِيْ عَلَى الْوِلَاءِ

Sebagaimana (alamat wawu) juga bertempat di asmaul khomsah # Yaitu isim-isim yang akan datang (dijelaskan) secara berturut-turut

اَبٌ اَخٌ حَمٌ وَفُوْ وَذُوْ جَرَى # كُلٌّ مُضَافًا مُفْرَدًا مُكَبَّرَا

اَبٌ (bapak), اَخٌ (saudara), حَمٌ (ipar), فُوْ (mulut), dan ذُوْ (orang yang memiliki), yang berlalu  # Setiap masing-masing (berlalu) dalam bentuk mudhof, mufrod, dan mukabbar

وَفِى الْمُثَنَّى نَحْوُ زَيْدَانِ الْاَلِفْ # وَالنُّوْنُ فِى الْمُضَارِعِ الَّذِيْ عُرِفْ

Alif bertempat di isim tasniyyah # Nun bertempat di fi'il mudhorek yang telah diketahui

بِيَفْعَلَانِ تَفْعَلَانِ اَنْتُمَا # وَيَفْعَلُوْنَ تَفْعَلُوْنَ مَعْهُمَا

Dengan lafadz يَفْعَلَانِ (mereka berdua melakukan) dan lafadz تَفْعَلَانِ (mereka wanita berdua atau kamu berdua melakukan) yang menunjukkan kamu berdua # Dan lafadz يَفْعَلُوْنَ (mereka melakukan) dan تَفْعَلُوْنَ (kaliam melakukan) yang menunjukkan dilakukan bersama mereka berdua

وَتَفْعَلِيْنَ تَرْحَمِيْنَ حَالِى # وَاشْتَهَرَتْ بِالْخَمْسَةِ الْاَفْعَالِ

Lafadz تَفْعَلِيْنَ (kamu wanita melakukan) lafadz تَرْحَمِيْنَ (kamu wanita mengasihi) keadaanku # Dan kelima fi'il mudhorek itu dikenal dengan sebutan af'alul khomsah.


بَابُ عَلَامَاتِ النَّصْبِ

Bab Tanda-Tanda I'rob Nashob

لِلنَّصْبِ خَمْسٌ وَهْيَ فَتْحَةٌ اَلِفْ # كَسْرٌ وَيَاءٌ ثُمَّ نُوْنٌ تَـنْحَذِفْ

I'rob nashob mempunyai 5 tanda, yaitu fathah, alif # Kasroh dan ya', kemudian nun yang dibuang

فَانْصِبْ بِفَتْحٍ مَا بِضَمٍّ قَدْ رُفِعْ # اِلَّا كَهِنْدَاتٍ فَفَتْحُهُ مُنِعْ

Lalu nashobkanlah dengan fathah, isim yang dirofa'kan dengan dhommah # Kecuali seperti lafadz هِنْدَاتٍ (hindun banyak), maka fathahnya dicegah

وَاجْعَلْ لِنَصْبِ الْخَمْسَةِ الْاَسْمَا اَلِفْ # وَانْصِبْ بِكَسْرٍ جَمْعَ تَأْنِيْثٍ عُرِفْ

Jadikanlah asma'ul khomsah pada i'rob nashob dengan tanda alif # Nashobkan jamak muannas salim dengan tanda kasroh yang sudah diketahui

وَالنَّصْبُ فِى الْاِسْمِ الَّذِيْ قَدْ ثُنِيَا # وَجَمْعِ تَذْكِيْرٍ مُصَحَّحٍ بِيَا

I'rob nashob di dalam isim yang ditasniyahkan (isim tasniyah) # Dan jamak mudzakkar salim yang dibenarkan, dengan tanda ya'

وَالْخَمْسَةُ الْاَفْعَالِ حَيْثُ تَنْتَصِبْ # فَحَذْفُ النُّوْنِ الرَّفْعِ مُطْلَقًا يَجِبْ

Af'alul khomsah sekiranya dinashobkan # Maka membuang nun rofa' secara mutlaq wajib


بَابُ عَلَامَاتِ الْخَفْضِ

Bab Tanda-Tanda I'rob Jer

عَلَامَاتُ الْخَفْضِ الَّتِيْ بِهَا انْضَبَطْ # كَسْرٌ وَيَاءٌ ثُمَّ فَتْحَةٌ اَلِفْ

Tanda-tanda i'rob jer yang telah ditetapkan # Adalah kasroh dan ya', kemudian fathah, alif

فَاخْفِضْ بِكَسْرٍ مَا مِنَ الْاَسْمَا عُرِفْ # فِيْ رَفْعِهِ بِالضَّمِّ حَيْثُ يَنْصَرِفْ

Maka jerkan dengan tanda kasroh, sesuatu yang tergolong isim-isim yang diketahui # Di dalam i'rob rofa'nya dengan tanda dhommah sekiranya dapat menerima tanwin (isim munshorif)

وَاخْفِضْ بِيَاءٍ كُلَّ مَا بِهَا نُصِبْ # وَالْخَمْسَةَ الْاَسْمَا بِشَرْطِهَا تُصِبْ

Jerkan dengan tanda ya', setiap isim yang dinashobkan # Dan juga asma'ul khomsah, yang kamu mendapati dengan syaratnya

وَاخْفِضْ بِفَتْحٍ كُلَّ مَا لَمْ يَنْصَرِفْ # مِمَّا بِوَصْفِ الْفِعْلِ صَارَ يَتَّصِفْ

Jerkan dengan tanda fathah, setiap isim yang tidak menerima tanwin (isim ghoiru munshorif) # Yang termasuk isim yang disifati (memiliki kesamaan) dengan sifat fi'il

بِاَنْ يَحُوْزَ الْاِسْمُ عِلَّتَيْنِ # اَوْ عِلَّةً تُغْنِيْ عَنِ اثْنَتَيْنِ

Jika isim itu memiliki 2 illat # Atau satu illat yang mencukupi dua illat

فَأَلِفُ التَّأْنِيْثِ اَغْنَتْ وَحْدَهَا # وَصِيْغَةُ الْجَمْعِ الَّذِيْ قَدِ اْنتَهَى

Illat Alif ta'nits mencukupi dirinya sendiri # Dan (sebagaimana pula) shigat jamak (shighat mutahal jumuk) yang telah selesai

وَالْعِلَّتَانِ الْوَصْفُ مَعْ عَدْلٍ عُرِفْ # اَوْ وَزْنِ فِعْلٍ اَوْ بِنُوْنٍ وَاَلِفْ

Dua illat adalah sifat bersama dengan udul yang diketahui # Atau wazan fi'il, atau dengan nun dan alif

وَهَذِهِ الثَّلاَثُ تَمْنَعُ الْعَلَمْ # وَزَادَ تَرْكِيْبًا وَاَسْمَاءَ الْعَجَمْ

Ketiganya ini dapat mencegah (munshorifnya) isim alam # Dan ditambah tarkib majzi dan isim-isim alam

كَذَاكَ تَأْنِيْثٌ بِمَا عَدَا الْاَلِفْ # فَاِنْ يُضَفْ اَوْ يَأْتِ بَعْدَ اَلْ صُرِفْ

Demikian pula ta'nits dengan isim yang tanpa alif # Jika (isim ghoiru munshorif) dimudhofkan atau datang setelah al, maka dimunshorifkan (i'robnya kembali seperti isim munshorif)


بَابُ عَلَامَاتِ الْجَزْمِ

Bab Tanda-Tanda I'rob Jazem

وَالْجَزْمُ فِى الْاَفْعَالِ بِالسُّكُوْنِ #  اَوْحَذْفِ حَرْفِ عِلَّةٍ اَوْ نُوْنِ

I'rob jazem di dalam fi'il adalah dengan sukun # Atau membuang huruf illat, atau (membuang) nun

فَحَذْفُ نُوْنِ الرَّفْعِ قَطْعًا يَلْزَمُ # فِى الْخَمْسَةِ الْاَفْعَالِ حَيْثُ تُجْزَمُ

Maka membuang nun rofa' ditetapkan secara pasti # Di dalam af'alul khomsah sekiranya dijazemkan

وَبِالسُّكُوْنِ اجْزِمْ مُضَارِعًا سَلِمْ # مِنْ كَوْنِهِ بِحَرْفِ عِلَّةٍ خُتِمْ

Dengan sukun, jazemkan fi'il mudhorek yang selamat # Dari adanya huruf illat di akhir kalimat

اِمَّا بِوَاوٍ اَوْ بِيَاءٍ اَوْ اَلِفْ # وَجَزْمُ مُعْتَلٍّ بِهَا اَنْ تَنْحَذِفْ

(Huruf illat) adakalanya berupa wawu, atau ya', atau alif # Dan menjazemkan fi'il mudhorek mu'tal akhir adalah membuang huruf illat

وَنَصْبُ ذِيْ وَاوٍ وَيَاءٍ يَظْهَرُ # وَمَا سِوَاهُ فِى الثَّلَاثِ قَدَّرُوْا

Menashobkan fi'il mudhorek yang memiliki (mu'tal) wawu dan ya' adalah dibaca jelas (harakat fathahnya) # Dan i'rob selainnya di dalam ketiga huruf illat, maka ulama' ahli nahwu mengira-ngirakannya

فنَحْوُ يَغْزُوْ يَهْتَدِيْ يَخْشَى خُتِمْ # بِعِلَّةٍ وَغَـيْرُهُ مِنْهَا سَلِمْ

Maka contohnya lafadz يَغْزُوْ (perang), يَهْتَدِيْ (menunjukkan), يَخْشَى (takut), diakhiri huruf illat # Dengan satu illat dan fi'il selainnya adalah selamat (dari huruf illat)

وَعِلَّةُ الْاَسْمَاءِ يَاءٌ وَاَلِفْ # فَنَحْوُ قَاضٍ وَالْفَتَى بِهَا عُرِفْ

Dan huruf illatnya isim-isim adalah ya' dan alif # Contohnya lafadz قَاضٍ (hakim atau pemberi putusan) dan الْفَتَى (pemuda), telah diketahui

اِعْرَابُ كُلٍّ مِنْهُمَا مُقَدَّرُ # فِيْهَا وَلَكِنْ نَصْبُ قَاضٍ يَظْهَرُ

I'robnya setiap dari keduanya (قَاضٍ dan الْفَتَى) adalah dikira-kirakan # Di dalamnya, tetapi nashobnya lafadz قَاضٍ adalah jelas fathahnya

وَقَدَّرُوْا ثَلاَثَةَ الْاَقْسَامِ # فِى الْمِيْمِ قَبْلَ الْيَاءِ مِنْ غُلَامِيْ

Ulama' ahli nahwu mengira-ngirakan tiga pembagian itu (rofa', nashob, dan jer) # Di dalam huruf mim sebelum huruf ya' dari lafadz غُلَامِى (punakawanku)

Catatan :

Lafadz غُلَامٌ dimaknai oleh para kyai dengan istilah punakawan, tetapi artinya bisa anak laki-laki, budak, pemuda, pelayan, dan lainnya tergantung konteks kalimat.

وَالْوَاوُ فِيْ كَمُسْلِمِيَّ اُضْمِرَتْ # وَالنُّوْنُ فِيْ لَتُبْلَوُنَّ قُدِّرَتْ

Dan huruf wawu di dalam contoh lafadz مُسْلِمِيَّ (orang muslimku) disimpan # Huruf nun di dalam lafadz لَتُبْلَوُنَّ (kamu sungguh pasti akan diuji) dikira-kirakan.