Terjemah Kitab Hidayatul Mustafid Bahasa Indonesia

Terjemah Kitab Hidayatul Mustafid Bahasa Indonesia

Terjemah Kitab Hidayatul Mustafid Fi Ahkamit Tajwid Bahasa Indonesia, karya Syekh Muhammad Al-Mahmud ra.

كَذٰلِكَ لِنُثَبِّتَ بِهِ فُؤَادَكَ ۖ وَرَتَّلْنَاهُ تَرْتِيْلًا

"Demikianlah supaya Kami perkuat hatimu dengannya dan Kami membacanya secara tartil (teratur dan benar)" (Al-Furqan : 32).

Dengan menyebut nama Allah Yang Maha Pengasih lagi Maha Penyayang,

Kami memuji kepada Allah yang telah mengistimewakan kami dengan pengajaran Al-Qur'an yang agung. Kami mendoakan sholawat dan kesejahteraan kepada orang (Nabi Muhammad SAW) yang telah mempertemukan Al-Qur'an dari sisi Tuhan Yang Maha Bijaksana lagi Maha Mengetahui. Dan kepada keluarga dan sahabat-sahabat beliau, yang memperindah (dalam membaca) kitab beliau yang nyata (Al-Qur'an) dan orang-orang yang mengikuti kebaikan mereka sampai hari pembalasan.

Adapun sesudah itu : maka berkatalah seorang hamba yang hina, lemah dan rendah, orang yang mengakui kekurangannya (keterbatasannya) dan tenggelam di dalam samudera kesalahan, yaitu Syekh Muhammad Al-Mahmud An-Najar yang terkenal dengan sebutan Abu Rimah :

Ketika aku tersibukkan (terfokuskan) dengan membuat ringkasan untuk anak-anak kecil dan mengajari mereka Kalam Raja (Allah SWT) yang Maha Luhur, hal terpenting yang dimulai adalah memperindah huruf, memperbaiki lafadznya, mengetahui hukum-hukum nun mati, tanwin, dan mim mati serta pembangiannya, mengetahui mad dan waqaf serta pembagian keduanya, tempat keluarnya huruf dan sifat-sifatnya, dan lainnya. Sedangkan kitab-kitab tajwid itu sulit diambil (dipahami), sulit diterima oleh anak-anak kecil karena kecenderungan mereka pada hal kecil. Tidak heran, karena pekatnya malam bisa melepas hembusan angin, sedangkan anak kecil masih menghisap susu di sumber air susu.

Maka jelaslah bagiku untuk memetik dari kitab-kitab imam-imam ulama' salaf (ulama' dulu) dan melepas ikatan risalah dari kritikan ulama' khalaf (ulama' sekarang) yang memiliki banyak keutamaan, (memetik) sebuah risalah di dalam ilmu tajwid berdasarkan metode Imam Hafs yang mudah dihafalkan dan diambil (dipahami), dengan metode tanya jawab. Risalah ini (dikumpulkan) setelah aku mengumpulkan kitab dalam masalah 2 ilmu, yaitu ilmu tauhid dan ilmu fiqih yang mana keduanya merupakan fadlu ain bagi mukallaf (orang yang baligh dan berakal), yang mana fokusku (pada risalah ini) condong pada pengajaran anak-anak kecil setelah meminta maaf kepada guru-guru bangku (sekolah) dasar dan membuka sekolah khusus.

Lalu, aku mengumpulkan risalah ini dari kitab-kitab para imam yang luhur, yang di dalamnya mengandung poin ini, (yaitu) aku mengurutkannya berdasarkan pendahuluan, 15 fasal, dan penutup. Kami memohon kepada Allah Yang Maha Luhur agar mendapatkan husnul khatimah.

Aku menamainya "Kitab Hidayatul Mustafid (petunjuk bagi orang yang mau mengambil faidah)" tentang ilmu tajwid, untuk murid-murid sekolah pendidikan, mengharap kepada Allah agar Dia tidak menjadikan risalah ini terbuang dalam segi terlantarankan/terabaikan dan memberi manfaat kepada setiap murid untuk memperbaiki ucapan (dalam membaca Al-Qur'an), sesungguhnya Dia berkuasa atas apa yang dikehendaki, dan dengan memohon ijabah maka pantaslah.

Sesungguhnya aku mengharap kepada para sudara untuk mengingatku di sebagaian waktu dengan doa-doa yang baik. Dan juga orang yang melihat kesalahan, baik terbelesetnya kaki (salah pemahaman) maupun terselipnya pena (salah penulisan), untuk menolak keburukan dengan kebaikan, karena sesungguhnya warna (karakter) manusia itu tidak tersepikan dari lupa dan lupa. Barang siap menjumpai kesalahannya, maka di sisi orang-orang yang mulia dia akan dimaafkan.

Dan dengan derajat Nabi SAW yang mulia, aku menjadikan wasilah agar Allah SWT menjadikan risalah ini murni karena Dzat-Nya Yang Maha Mulia, menjadi sebab keberuntungan untuk memasuki surga-surga kenikmatan, memberi kemanfaatan untuk umum yaitu orang yang menjumpai (mempelajari) risalah ini dengan hati yang salim (bersih suci, dan selamat), dan memberikan manfaat kepadaku pada hari di mana tidak akan memberi manfaat harta dan anak-anak, kecuali orang yang datang kepada Allah dengan hati yang salim (bersih, suci, dan selamat).

Dan hanya Allah yang mencukupi kami, (Dialah) sebaik-baik Dzat yang dipasrahi, tiada daya dan kekuatan kecuali atas pertolongan Allah yang Maha Luhur lagi Maha Agung. Semoga Allah melimpahkan rohmat ta'dhim dan kesejahteraan kepada baginda kami, Nabi Muhammad, beserta keluarga dan sahabat beliau.

(1) Bab Muqoddimah - Bab Hukum Isti'adzah dan Basamallah

(2) Bab Hukum Nun Mati dan Tanwin

(3) Bab Hukum Mim Mati - Bab Hukum Nun dan Mim Tasydid - Bab Hukum Al Ma'rifat

(4) Bab Hukum Lam Jatuh Pada Fi'il - Bab Hukum Idgham

(5) Bab Hukum-Hukum Mad dan Pembagiannya

(6) Bab Hukum Ra' - Bab Penjelasan Qalqalah

(7) Penjelasan Jumlah Makharijul Huruf (Tempat Keluarnya Huruf)

(8) Bab Penjelasan Sifat-Sifat Huruf - Bab Penjelasan Mengenai Pembagian Waqaf

(9) Perkara Haram dan Bid'ah Dalam Membaca Al-Qur'an

(10) Penjelasan Tentang Takbir, Sebab, Bentuk, Awal, dan Akhirnya

(11) Penutup dan Doa


Download Kitab Hidayatul Mustafid Gratis

Untuk filenya, maka bisa diunduh secara gratis pada link di bawah ini. File tersebut diformat dalam bentuk PDF dan hanya kalimat Arabnya saja karena terjemah Indonesianya bisa diakses melalui blog ini dan di bawah keterangan file tersebut sudah dicantumkan link menuju blog ini.

Download Kitab Hidayatul Mustafid Gratis (PDF)

Wa'llahu a'lam bis showab.