Terjemah Kitab Irsyadul Ibad Bahasa Indonesia

Terjemah Kitab Irsyadul Ibad Bahasa Indonesia

Bismillahir rahmanir rahim,

Segala puji hanyalah milik Allah SWT semata, Tuhan yang Maha Pencipta lagi Maha Kuasa atas segala sesuatu yang Dia kehendaki.

Semoga limpahan rahmat dan salam senantiasa tercurahkan kepada nabi akhir zaman, Nabi Muhammad SAW, beserta sahabat, keluarga, ahlul bait, dan keturunan beliau.

Alhamdulillah, atas limpahan rahmat, karunia, dan nikmat dari Allah SWT, maka penulis blog masih diberikan kesehatan, kesempatan, keluangan waktu, dan kemudahan untuk melanjutkan menulis dalam blog sederhana ini.

Langsung saja, setelah beberapa kitab kuning yang telah diterjemah di dalam blog ini, maka penulis blog masih tetap melanjutkan untuk menerjemah kitab-kitab lainnya.

Maka, pada kesempatan yang dipenuhi rahmat Allah SWT ini, penulis akan mencoba untuk menyusun terjemah salah satu kitab yang biasa dikaji di beberapa pengajian pondok pesantren, yaitu Kitab Irsyadul Ibad karya Syekh Zainuddin Al-Malibari.

Semoga dengan ini, Allah SWT yang Maha Pengasih lagi Maha Penyayang memberikan tambahan rahmat, mengampuni dosa-dosa dan memberikan kemudahan dalam setiap urusan kita semua.


Review Singkat Kitab Irsyadul Ibad

Kitab Irsyadul Ibad ila Sabilir Rosyad merupakan salah satu ktab kuning yang sudah biasa dijadikan sebagai referensi pengajian dalam pondok-pondok pesantren di Indonesia.

Kitab adalah kitab yang disusun oleh Syekh Zainuddin Al-Malibari (wafat pada 987 H/1579 M) yang merupakan salah satu ulama' dari India. Gelar "Al-Malibari" menunjukkan tanah kelahiran beliau, yaitu Malibar atau Malabar di India.

Kitab Irsyadul Ibad ila Sabilir Rosyad sendiri adalah kitab yang banyak menerangkan tentang hukum fiqih pada setiap babnya yang disempurnakan dengan hadits-hadits, riwayat-riwayat khabar, atsar, dan maqolah ulama tentang fadhilah dan keutamaan amal. Selain itu, kitab ini juga disempurnakan dengan banyak kisah-kisah teladan di dalamnya.


Terjemah Kitab Irsyadul Ibad

Harapan lain dengan disusunnya terjemah Kitab Irsyadul Ibad ini, semoga memberi manfaat bagi banyak orang yang hendak mengambil referensi online yang menjadi amal jariyah yang tiada terputus, amin ya robbal alamin.

1Fasal Tentang Riddah (Murtad)
2Bab Ilmu
3Bab Wudlu
4Fasal Tentang Hukum-Hukum Wudlu
5Bab Mandi Besar
6Bab Keutamaan Maktubah (Sholat Fardlu 5 Waktu)
7Fasal Tentang Haramnya Mengakhirkan Waktu Sholat
8Fasal Tentang Hukum-Hukum Sholat
9Perkara Yang Dimakruhkan di dalam Sholat

Wallahu a'lam bis showab.