Terjemah Kitab Nurul Lum'ah Bahasa Indonesia

Terjemah Kitab Nurul Lum'ah Bahasa Indonesia

Dengan menyebut nama Allah yang Maha Pengasih lagi Maha Penyayang, segala puji hanya bagi-Nya, Tuhan semesta alam, yang tiada henti memberikan limpahan rahmat dan nikmat kepada makhluk-makhluk-Nya tanpa dapat terhitung. Tuhan yang Esa, tiada yang dapat menandingi kekuasaan-Nya.

Semoga curahan rahmat ta’dhim, kesejahtaraan, dan berkah senantiasa terlimpahkan kepada sang terpilih, Nabi Muhammad SAW, sang penyelamat umat dari kegelapan menuju terang benderang. Semoga limpahan rahmat ta’dhim, kesejahteraan, dan berkah itu juga terlimpahkan kepada keluarga dan para sahabat beliau yang suci.

Selanjutnya, dengan izin dan kehendak Allah SWT, penulis blog akan mencoba untuk membagikan terjemah Bahasa Indonesia dari salah satu kitab kuning salaf kecil yang biasa dikaji di berbagai pondok-pondok pesantren. Kitab yang dimaksudkan itu adalah Kitab Nurul Lum’ah fi Khashaishij Jumu’ah.

Semoga niat baik ini dapat menjadikan perantara bagi penulis blog untuk menggapai ridlo Allah SWT, diampuni dosa-dosa, dicurahkan rahmat-Nya, dan dimudahkannya segala urusan baik dunia maupun akhirat, amiin ya rabbal alamin.


Review Singkat Kitab Nurul Lum’ah

Kitab Nurul Lum’ah fi Khashaishij Jumu’ah merupakan salah satu kitab kuning tipis yang tidak asing dikaji di pondok-pondok pesantren, baik sebagai kajian di Bulan Ramadhan maupun di selain Bulan Ramadhan.

Kitab kecil ini disusun oleh salah satu ulama’ dari Mesir yang karya-karyanya banyak dikaji di pondok pesantren di Indonesia, yaitu Syekh Jalaluddin Abdurrahman As-Suyuthi.

Dilihat dari isinya, Kitab Nurul Lum’ah fi Khashaishij Jumu’ah menjelaskan tentang kekhususan atau keistimewaan yang ada di dalam Hari Jum’at, sebagai hari yang paling mulia bagi segenap kaum muslimin. Ada 101 keistimewaan yang dipaparkan di dalam kitab ini dengan disertai dasar-dasar naqlinya, baik dari hadits, riwayat, maqolah, dan lain sebagainya.


Terjemah Kitab Nurul Lum’ah Bahasa Indonesia

Terkait dengan pokok pembahasan pada posting artikel ini, berikut disajikan terjemah Kitab Nurul Lum’ah fi Khashaishij Jumu’ah Bahasa Indonesia yang telah dibagi ke dalam beberapa posting sesuai bab-bab tertentu:

Kekhususan 1 - 9
Kekhususan 10 - 20
Kekhususan 21 - 30
Kekhususan 31 - 40
Kekhususan 41 - 50
Kekhususan 51 - 60

Demikian kiranya terjemah Kitab Nurul Lum’ah fi Khashaishij Jumu’ah dalam Bahasa Indonesia. Semoga posting ini dapat memberikan manfaat secara menyeluruh bagi setiap orang yang beri’tikad mempelajarinya. Semoga Allah SWT senantiasa menetapkan hati kita dalam nikmat islam dan iman-Nya, amiin.